Flashback 8 years ago..

Satu jam sebelum Maghrib, setengah berlari melalui koridor kantor, ketemu pak Rudi. “Hai Pak, duluan yaa!” kata gue sambil jalan ke parkiran.. *ringtone lagu Beonce berbunyi sambil getar-getar* di layar ada nama Kak Uci..
Assalamu’allaikum, iya Kak.. kenapa?
“Walaikumsalam, dimana lo, dek?”
Ini di parkiran, mo pulang, kenapa?
“Ada yang mau gue omongin sama lo, bisa”

Bisa, apaan? to the point ya? keburu maghrib..
“Lo beneran udahan sama Banyu? Trus lo mo ke pedalaman Wasior? beneran? gara-gara Banyu, apa emang mau lo?” selidik Kak Uci..
nggak ada yang bisa dibahas kak, ini emang beneran maunya Kiran, soo.. no worries.. everthings oke .. gue fine and fun..
“tapi Banyu cinta sama lo, kenapa nggak dipertahanin? seenggaknya kamu mesti nyoba dan berusaha.”
udah deh kak, buat apa? apa yang mau diusahain? apanya yang dipertahanin? Banyu bilang, he can’t reach me.. He said that I’m his dream but he can’t walk beside me.. Trus gue bisa apa kecuali gue biarin dia bahagia dengan pilihannya Kak. seenggaknya gue udah ikhlas. Dan Wasior udah nungguin gue.
“Kiran, Banyu cinta sama lo, dia sayang sama lo..”
nggak ada buktinya kak, dia ngebiarin gue pergi..
“ya buktinya dia nanyain lo ke gue.. dia kuatir sama lo.. Banyu orang baik, dia care..”
iya, dia care sama dirinya sendiri.. Kak, udahan ya.. Gue mau pulang, buru-buru.. mesti siap-siap buat besok.. Kak Uci tenang aja, semuanya baik-baik aja.. ini pilihan Kiran. Kiran harus bahagia apapun yang terjadi. Biar Kiran meraih kebahagiaan Kiran dengan cara Kiran sendiri Kak.
“iya deh, gue tau lo udah gede, gue percaya ma lo, mana yang bener mana yang nggak, pikirin lagi kata-kata gue.. Gue sayang sama lo, dek.. Assalamu’alaikum..”
Wa’alaikumsalaam.. klik. telpon mati.

terjadi perang batin di jalan.
Apa yang dimau dari seorang Banyu? mana mungkin gue mau bertahan sama orang yang bahkan nggak pernah ngomong kalo dia cinta sama gue. nggak ada sedikitpun niat dia buat ngehubungin gue. nggak ada sedikitpun sikap dia yang nunjukin dia butuh gue. Semuanya udah basi. Guenya aja yang berharap ketinggian. Dan mungkin reach yang dia maksud adalah nyindir gue, kalo gue nggak mungkin bisa sama dia. oke, whatever-lah yang jelas gue ga bakal lagi ganggu hidup dia.. Wasior udah nungguin gue..

Cciiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttttttttttt.. *ngerem mendadak*

ada seorang nenek nyebrang jalan, mungkin gue yang salah gara-gara nggak fokus liat jalanan, tapi gue yakin banget, tadi nggak ada orang mau nyebrang.. Nenek-nenek yang sudah renta memakai mukena atasan, berjalan pelan-pelan menuju masjid di seberang jalan yang sangat ramai. Gue turun dari motor yang udah dipinggirin, “Kiran sebrangin ya Nek? mau ke masjid kan?” si Nenek kaget, dan tersenyum, “iya, makasih..”

jalanan ramai sekali, banyak kendaraan lalu lalang kencang. lumayan lama buat nyebrang jalan.

“hampir sampai, Nek.. lain kali hati-hati ya Nek?”
“iya, makasih.. kamu nggak shalat Maghrib sekalian?”
gue nglirik jam tangan, udah waktunya.. tapi motor gue di seberang jalan nggak ada yang jaga hari udah mulai gelap.. oke, abis ini gue ambil motor trus shalat dulu baru pulang, batin gue..

tiba-tiba..

bbiiiiiiiiiiiiiiimmmmmmmm.. bbiiimmmmm..

Truk pasir lewat dengan kencang, yang tiba-tiba udah deket banget sama si Nenek.. Langsung gue dorong si nenek biar nggak kena.. si nenek jatuh di depan pelataran masjid.. Dan gue udah nggak tau apa yang terjadi sama gue.

orang-orang panik, truk pasir menghantam trotoar. Suara riuh orang-orang minta bantuan..
Gue sadar sebentar, sakit semuanya, gue inget nyokap bokap gue.. gue inget Banyu. tapi tenggorokan gue sakit. Suara Adzan menggema.

di lain tempat, Kak Uci deg-degan luar biasa. si Bokap nggak biasanya nungguin di teras dengan muka cemas. Foto gue dalam bingkai kaca yang dipegang Banyu jatuh.

*SMS alert*
Kak Uci: pulangnya ati-ati ya, gue yakin, lo bakal dapetin kebahagiaan lo..
Kak Uci: dek, lo udah mpe rumah belum? kok gue kuatir ya? bls gpl
Nyokap : Nak, enggak pulang malam kan? ati-ati di jalan.
Bokap : You have 1 missedcalls
Banyu : Gue mau nelpon, bisa? gue tunggu

*Ringtone Beyonce*
Nyokap: Hallo (dengan suara getir)
Banyu: Hallo, Kiran..
Nyokap: Bukan.. ini mama’nya..
Banyu: Lhoh, Kiran mana tante?
Nyokap: (membisu)
Banyu: Hallo.. hallo.. tante.. tante baik-baik aja kan? kenapa? Banyu bisa ngomong sama Kiran?
Nyokap: (membisu)
Banyu: Kiran marah ya tante? Banyu cuma mau minta maaf sama Kiran, Banyu sayang sama Kiran, Tante
Nyokap: (terisak menahan tangis, terdengar samar-samar suara lantunan ayat-ayat suci Al Quran) Kiran kecelakaan, nggak ketolong.. (terbata-bata)
Banyu: Tante..
Nyokap: kata orang yang nolongin, dia sempet lirih manggil nama kamu, abis itu dia bilang lirih ‘laa ilaaha illallaah muhammadan rasuulullaah’.. Kiraaan (pecah suara tangis nyokap)

tut tut tut tut tut tut.. dissconnected

Banyu cuman bisa diam membisu.
Gue yang salah, gue yang salah.. Bahkan Gue belum sempet bilang kalo gue cinta sama Kiran, Gue belum bilang kalo gue sayang sama Kiran. Gue butuh Kiran. Begonya gue.. Kiran bela-belain semuanya demi gue, tapi gue ngasih apa ke Kiran? bahkan gue nggak sempet bilang maaf atas semua kecerobohan gue. Gue udah bikin sepercik pertengkaran diantara gue sama Kiran. Kiran ga salah apa-apa.. Kenapa gue jahat? Kiran is all that I need.. tapi malah gue sia-siain dia dengan bilang kalo gue nggak bisa ngeraih dia. Padahal gue bener-bener butuh dia. Gengsi gue merajai otak gue. Andai gue ga ngomong kaya gitu, mungkin hari ini gue bisa telpon-telponan sama Kiran sampai Subuh.. Andai gue mau sedikit ngertiin hati Kiran, nggak perlu Kiran sibuk nyiapin ini itu dan kecapekan jadi volunteer guru SD di Wasior. Dia pasti masih di sini, nemenin gue. Aah, gue kangen senyumnya Kiran, gue kangen ketawanya Kiran. Gue pengen meluk Kiran. Jarak yang jauh antar pulau, seharusnya tidak menjadi kendala buat gue maupun Kiran, toh teknologi jaman sekarang udah lancar. Gue bener-bener ngerasa kangen sama Kiran.

Kak Uci, “Nggak ada yang perlu disesali, semuanya udah terjadi. Memang terkadang kita baru sadar betapa penting dan berharganya orang itu ketika orang itu bener-bener pergi dari kehidupan kita.”

——————————————————————————————————————————-
inspired by flashback 8 years ago..
Lord, save him to the heaven..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s