Cerita Konyol

ini sebenernya copas’an juga dari catatan Mas Kum, ceritanya lucuu banget.. saya kalo ngebaca ini langsung BeTe saya Rontok, langsung keki atu keselnya ilang.. meskipun sementara waktu..
oia, makasiih buat mas Kum atas sharingnya, dan ijiin copas yaak?ūüôā
tapi disini akan saya kasih versi bahasa Indonesia-nya yaaa.. hehehe karena mungkin ada yang gak ngerti bahasa jawa..ūüôā
tapi kurang lucu sih kalo pake bahasa Indonesia, soalnya kalo pake bahasa jawa bisa ngebayangin mimik sosok orang pemimpin perusahaan yang ngeselin.. dan gimana mimik pelamar yang mencoba untuk ngambil hati si pimpinan perusahaan dengan sopan santunnya.. hehehhee

alkisah di sebuah perusahaan besar di kawasan Keprabon,
tengah melakukan beberapa tes wawancara untuk ” tidak” menerima calon karyawan baru,
harus berbahasa EJD (Ejaan Jawa yang nDaksempurna).

G : Kowe nduwe omah opo ora…..? (kamu punya rumah nggak..?)
a : dereng…. ( belum.. )
G : Wah kowe ora iso ketompo nang kene ( wah, kamu nggak ketrima di sini..)
a : Lho kok ngaten……..? (lhoh, kok gitu?)
G : Mengko kowe mesthi ngajukne utang nang perusahaan. ( Nanti kamu pasti mengajukan hutang ke perusahaan)
a : Ah.. mboten kok, Sak janipun tiyang sepuh kuloniku sampun sugih. (ah, enggak kok, sebenernya orang tua saya sudah kaya raya.)
G : Yo malah ora ketompo. ( yah, makin kamu nggak diterima )
a : Lho kok ngaten…..? (kok gitu?)
G : Mengko kowe kerjo mung nggo hiburan, nongkrang nongkrong ae. (Nanti kamu kerja cuman untuk hiburan, nongkrong nongkrong aja kerjanya )

G : Kowe nduwe motor opo ora….? ( kamu punya motor apa nggak? )
b : Mboten ( tidak )
G : Ora ketompo..  ( nggak ketrimaa.. )
b : Lho kok mboten ketompo ?  ( lhoh kenapa nggak ketrima? )
G : Mengko kowe mesthi njaluk bantuan kredit.  ( nanti kamu pasti minta pengajuan bantuan kredit )
b : Sak janipun gadhah, ning tasih ten kampung, gampil mangke kulo beto ngriki.  ( sebenernya sudah punya, tapi masih di kampung, gampang pak, nanti bisa saya bawa kesini.. )
G : Wah malah ra ketompo…. (waah, malah nggak ketrima..)
b : lho kok ngoten..  ( lhoo kok gitu? )
G : Tempat parkire wis ra cukup.  ( tempat parkirnya udah nggak cukup buat parkir..)


G : Kow√© wis lulus sarjana tenan…..?  ( kamu sudah betul-betul lulus sarjana?)
c : sampun pak….  ( sudah pak..)
G : Ora ketompo, k√©n√© iki gol√©k sing SMA a√©, luwih manutan lan b√©n mbayar√© murah..  ( nggak ketrima, disini ini mencarinya yang lulusan SMA aja, lebih nurut dan bayarnya bisa murah..)
c : Sak janipun kulo tasih badhe skripsi..  ( sebenernya saya masih mau skripsi.. )
G : Malah ora ketompo…..  ( malah nggak ketrima.. )
c : Lho kados pundi to….? ( lhooh, gimana siih? )
G : Mengko kow √© kerjo mung ngetik skripsi, l√©k wis lulus mesti gol√©k kerjo neng perusahaan liyo. ( nanti kamu kerjanya cuman ngetik skripsi, kalo sudah lulus pasti nyari kerja ke perusahaan lain.. )

G : Kow√© seneng guyon opo ora ? ( kamu suka bercanda apa nggak? )
d : Mboten pak, kulo serius n √©k nyambut gaw√©.  ( enggak Pak, saya serius kalau sedang bekerja )
G: Ra ketompo…..  ( nggak di terima..)
d : waa……kok ngoten?  ( waaaah, kok gitu? )
G : Engko konco koncomu lan anak buahmu podho stress.  ( nanti teman-temanmu dan anak buahmu semuanya jadi stress )
d : Sak jan√© nggih sekedhik sekedhik seneng guyon.  ( sebenernya saya dikit-dikit juga suka bercanda.. )
G : Malah ora ketompo.  ( malah nggak diterima.. )
d : Lho kok……  ( lhoooo.. kok gitu? )
G : Engko kow√© mung email emailan sing lucu…….  ( nanti kerja kamu cuman email-emailan yang lucu-lucu aja )


G : Kow√© mau mr√©n√© numpak opo ?  ( kamu tadi ke sini naik apa? )
e : Nitih mobil  ( naik mobil )
G : Kow√© ora ketompo  ( kamu nggak ketrima.. )
e : Sebabipun ?  (  sebabnyaa? )
G : Saiki BBM mundhak terus, mengko kow√© njaluk mundhak bayar terus..  ( sekarang BBM naik terus harganya, ntar kamu minta naik terus gajinya. )
e : Wo, kulo wau namung mbonc√®ng, kok  ( Ooh, saya tadi cuman nebeng kok )
G : Tambah ora ketompo  ( tambah nggak diterima )
e : Lho, lha kok … ?  ( lhoo lah kok? )
G : Mengko mung gaw√©n√© mbonc√©ng mobil kantor.Ngrusuhi !  ( nanti kamu kerjaaannya nebeng mobil kantor terus, ngrepotiin.. )


G : Anakmu ak√®h opo sithik ?  ( anak kamu banyak atau dikit? )
f : Kathah pak  ( banyak pak )
G : Kow√© ora ketompo  ( kamu nggak diterima )
f : Sebabipun ?  ( sebabnya? )
G : Nyambut gawemu ora jenjem, mung mikir gawe uanaaaaaak terus..  ( kerja kamu ntar nggak maksimal, cuman mikir bikin anaaaaaaaakkk terus.. )
f : Lha wong namung anak adopsi, kok.  ( lhah orang cuman anak adopsi, kok )
G : Tambah ora ketompo..  ( makin kamu nggak ketrima.. )
f : Lho, lha kok … ? ( lhooh, lah kok gitu..? )
G : Gaw√© anak ba√© aras2en, opo man√®h nyambut gaw√©..  ( bikin anak aja kamu malas-malasan, apalagi mau kerja? )


G : Kow√© wis ngerti gaw√©yanmu durung ?  ( kamu udah ngerti kerjaan kamu belum? )
h : D√®r√®ng..  ( belum.. )
G : Kow√© ora ketompo..  ( kamu nggak diterima.. )
h : Sebabipun ?  ( sebabnya? )
G : Arep nyambut gaw √© kok ora ngerti gaweyan√© ?  (  mau kerja kok nggak ngerti kerjaannya..? )
h : Oo, n√®k damelan niku mpun ngertos kok  ( oo, kalo kerjaan itu saya sudah ngerti kok.. )
G : Tambah ora ketompo  ( makin kamu nggak diterimaa.. )
h : Lho, lha kok … ?  ( lhoo, lah kok gitu? )
G : Kow√© rak mung arep keminter, to ?  ( kamu cuman mau sok pinter disini, kan? )


G : Kowe ngerti kahanan kantor k √©n√© durung  ( kamu udah tau keadaan kantor ini belum? )
k : D√®r√®ng ( belum )
G : Kow√© ora ketompo  ( kamu nggak diterima )
k : Sebabipun ?  ( sebabnya?
G : Arep nyambut gaw √© kok ora ngerti kantor√© ?  ( mau kerja kok nggak ngerti kantornya seperti apa.. )
k : Wo, sekedhik2 mpun ngertos kok  ( ooh, sedikit-sedikit tau siih pak.. )
G : Tambah ora ketompo  ( makin kamu nggak diterima )
k : Lho, lha kok … ?  ( lhoh, kok gitu? )
G : Kow√© senengan√© ngudhal-udhal wewadi kantor, to ?  ( kamu punya niat untuk ngebongkar jelek-jeleknya kantor ini kan? )


G : Kow√© kerep loro ?  ( kamu sering sakit? )
m : Mboten  ( tidak)
G : Kow√© ora ketompo  ( kamu nggak diterima )
m : Sebabipun ?  ( sebabnya? )
G : Mesthi kerep mbolos, wong arang2 gering  ( kamu pasti sering membolos, orang kamu jarang sakit.. )
m : Wah, sakjanipun nggih asring  ( waah, sebenernya juga sering sakit.. )
G : Tambah ora ketompo  ( makin kamu nggak diterima )
m : Lho, lha kok … ?  ( lhoh, kok gitu? )
G : Kantor iki ora nompo karyawan pileren.  ( kantor ini nggak nerima karyawan yang sakitt-sakitan / bengek’an )


G : Kow√© biso main Intern√©t ?  ( kamu bisa menggunakan internet? )
n : mBoten  ( tidak )
G : Kow√© ora ketompo  ( kamu nggak diterima )
n : Sebabipun ?  ( sebabnya? )
G : Perusahaan ora nompo BI (Buta Internet)  ( perusahaan ini tidak menerima BI (buta Internet) )
n : Wah, sakjanipun nggih saged  ( waah,sebenernya juga bisa pak.. )
G : Tambah ora ketompo  ( malah kamu tidak diterima.. )
n : Lho, lha kok … ?  ( lhoh, kok gitu sih? )
G : Mesthi ora bakal nyambut gaw√©, kak√®han dolanan Internet, to?Ngent√©k-entekk√© pulsa !  ( pasti kamu nggak akan kerja bener, keanyakan main interner, kan? ngabis-ngabisain pulsa internet )


G : Kowe waras opo ora?  ( kamu sehat *tidak gila* apa enggak? )
o : Lha, kulo nggih waras to Pak.  ( lhah, saya ya sehat *tidak gila* , pak )
G : Ra ketompo……. ( kamu nggak diterima )
o : Kenging nopo …..? ( kenapa?? )
G : Mengko kowe mesthi ora krasan neng kene. ( nanti kamu pasti tidak kerasan kerja di sini )
o : Niku rumiyin Pak, sakmeniko sampun rodo edan. ( ituu duluu, sekarang sudah sedikit gila )
G : Malah ra ketompo…… ( malah kamu tidak diterima.. )
o : Pripun to niki….? ( gimana siih inii??? )
G : Mengko aku duwe saingan……… ( nanti saya punya saingan.. )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s