infeksi lambung

infeksi lambung.. penyakit yang udah lama saya derita.. gara-garanya sebenernya sepele, yaitu makan tidak teratur.. hihiihii.. iya, saya emang agak nggak aturan kalo makan, mencoba makanan apa aja, selama itu enak di lidah saya, okelaah..๐Ÿ™‚ daan akibatnya ya begini ini.. diagnosis dokter lambung saya infeksi

.. berhari-hari rasanya perih nggak karuan, sama persis kaya pas saya TA dulu itu.. dan ujung-ujungnya juga saya merasa pusing, nggak fokus, nggak konsentrasi.. bawaannya malas #emangpemalas.. hehehe.. rasanya pengen tidur teerus, saya nggak tau itu efek obatnya atau kenapa.. Sakitnya tuh di bagian perut atas, rasanya perut perih kaya belum makan seharian, meskipun udah dikasih makan perutnya tetep perih kaya belum makan gitu.. trus sering sendawa yang diiringi muntah rasa asam.. nggak enak banget pokoknya, kalo ditahan sendawanya jadinya mual dan perut sebah, tapi kalo sendawa, kadang jadi muntah makanan dikit gitu.. mungkin gara-gara infeksinya, jadi badan saya panas kayak orang demam.. padahal sebenernya saya udah pantang makanan banyak banget, pedes, asem, es, teh kental, kopi, chiki, saos, gorengan, bakar-baaran udah saya kurangi banyak banget.. tapi tetep aja tuh penyakit nempel di saya.. dan kemarin ke dokter, dapet obat banyak banget..๐Ÿ˜ฆ
saya takut kalo jadi parah dan harus operasi, nggak mauuu.. jangan sampai.. pokoknya nggak mauu.. katanya sih kalo kena sakit beginian makannya nggak boleh kekenyangan, nggak boleh laper.. jadi makannya sedikit-sedikit tapi continue.. ituu dia yang susah.. sedangkan saya seringnya makan banyak sekalian, berasa kenyang trus kerja atau ngapain gitu, jadi nggak usah bolak-balik.. dan well ternyata yang begitu salah.. kan enak tuh kayak onta, makan sekalian banyak, tar ga laper2 trus kerja mpe abis tenaganya.. kadang saya juga mikir, apa cemilan saya yang salah? tapi nyatanya enggak juga, cemilan saya terhitung cemilan sehat kok.. saya nggak makan chiki atau snack yang mengandung MSG.. mentok-mentoknya wafer Tango, astor, biskuit-biskuit gitu aja.. emang sih saya suka sekali makan semangka dingin yang udah dikulkas 2harian gitu, maknyesss banget kan dinginnya, seger.. dan kata dokter kemarin mungkin itu juga yang jadi penyebabnya, karena asam lambungnya terpancing dengan suhu dingin.. hwaaahh.. yaweslaah..
sebenernya apa sih infeksi lambung?

Radang dan Infeksi Lambung
Gastritis atau radang lambung lebih dikenal dengan sebutan penyakit maag. Pada penderita radang lambung atau maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari. Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.
Radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Radang lambung dapat menimbulkan pendarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung, penderita akan muntah yang mengandung darah yang berwarna cokelat seperti kopi. Pada penderita radang lambung akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak, kram perut, indigesti, nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari.
Sedangkan pada penderita radang lambung kronis mempunyai gejala yang sama atau rasa tak nyaman yang ringan. Sering kali gejala tersebut menjadi samar-samar, seperti tidak toleran terhadap makanan berlemak atau pedas. Bahkan bisa saja bila terjadi serangan ringan akan dapat diatasi dengan makan.
Namun demikian secara umum penyakit radang lambung mempunyai beberapa gejala yaitu :
* Mual dan sering muntah
* Perut terasa nyeri, pedih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati).
* Nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin.
* Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
* Sulit untuk tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut)
* Kepala terasa pusing. Dan pada radang lambung dapat terjadi pendarahan.
Pada umumnya radang lambung dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya:
# Adanya stres dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang
# Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
# Mukosa (selaput lendir) lambung tak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.
# Waktu makan yang tak teratur, sering terlambat makan, atau sering makan berlebihan
# Terlalu banyak makanan yang pedas, asam, minuman beralkohol, obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi
Hati-hati dengan infeksi pencernaan. Himbauan ini mungkin terasa โ€œwarningโ€ karena kemudian ada penjelasan lain yang mengatakan, infeksi lambung yang akut, akan merepotkan kehidupan Anda kelak. Seperti apa sih? Gangguan pada sistem pencernaan makanan dapat disebabkan oleh pola makan yang salah, infeksi bakteri, dan kelainan alat pencernaan. Di antara gangguan-gangguan ini adalah diare, sembelit, tukak lambung, peritonitis, kolik, sampai pada infeksi usus buntu (apendisitis).
Apabila makanan dari perut mengalir ke usus terlalu cepat maka defekasi menjadi lebih sering dengan feses yang mengandung banyak air. Keadaan seperti ini disebut diare. Penyebab diare antara lain ansietas (stres), makanan tertentu, atau organisme perusak yang melukai dinding usus. Diare dalam waktu lama menyebabkan hilangnya air dan garam-garam mineral, sehingga terjadi dehidrasi. Beberapa gangguan lain pada sistem pencernaan antara lain sebagai berikut: Peritonitis; merupakan peradangan pada selaput perut (peritonium). Gangguan lain adalah salah cerna akibat makan makanan yang merangsang lambung, seperti alkohol dan cabe yang mengakibatkan rasa nyeri yang disebut kolik. Sedangkan produksi HCl yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri yang disebut tukak lambung.
Gesekan akan lebih parah kalau lambung dalam keadaan kosong akibat makan tidak teratur yang pada akhirnya akan mengakibatkan pendarahan pada lambung. Gangguan lain pada lambung adalah gastritis atau peradangan pada lambung. Dapat pula apendiks terinfeksi sehingga terjadi peradangan yang disebut apendisitis. Kemudian, dinding lambung diselubungi mukus yang di dalamnya juga terkandung enzim. Jika pertahanan mukus rusak, enzim pencernaan akan memakan bagian-bagian kecil dari lapisan permukaan lambung. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadinya infeksi lambung. Infeksi lambung menyebabkan berlubangnya dinding lambung sehingga isi lambung jatuh di rongga perut. Sebagian besar infeksi lambung ini disebabkan oleh infeksi bakteri jenis tertentu.
Ramuan yang Bisa Digunakan
Menurut Hembing Wijayakusuma, tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.
– 30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
– 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.
– 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat
– 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.
Semoga anda tidak akan kena penyakit ini, sehat selalu! kita semua sehat selalu! ^_^
sumber: dari berbagai sumber
dan disini ada lebih lengkapnya tentang lambung.. oke.. doakan saya segera sembuh..๐Ÿ™‚

One thought on “infeksi lambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s