Ibu Rumah Tangga a.k.a House Wife

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mungkin nggak banget, tapi tau nggak? Itu pekerjaan yang luar biasa menurut saya T.O.P.B.G.T.. Pekerjaan yang menguras tenaga, emosi, dan muter otak. Sungguh, pulang ke rumah di Solo kemaren, saya akhirnya mbabu di rumah, saya menjadi gadis rumah tangga. And did you know what? I did it and I learn to be house wife. So, kalo sewaktu-waktu jadi ibu rumah tangga saya sudah siap. Tapi, apakah begitu saja? ternyata tidak, jadi ibu rumah tangga harus sering-sering ngelap keringat dan mengelus dada. Hahaha, iya, banyak tenaga terkuras dan juga menguras emosi. Hihihi. Kalo Jadi Gadis Rumah tangga kemaren itu dianggap sekolah, saya belum lulus kayanya, hehe. Susah dan berat.
menjadi gadis rumah tangga +/- 2 mingguan, padahal saya ini belum bersuami dan belum punya anak. Di rumah cuman ada bunda, babe, teteh, Tiwik sama Eyang, nggak ada anak kecil kan? eeh tapi ya ternyata sama saja capeknya.
Pekerjaan yang saya tekuni kemarin adalah, bangun tidur, nyapu, ngecek seluruh rumah, ngecek keberadaan eyang, sama nganter pekerja-pekerja sampai pintu depan, hehe. Abis itu, saya leyeh-leyeh dulu, liat gossip atau berita sambil sarapan, abis itu saya nyuci pake tangan ya, harap di garis bawahi, pake tangan. Dan baju yang saya cucui tuh nggak banyak karena tiap hari nyuci, biar ga numpuk, 1 stel baju rumah saya, teteh, bun2, babe, tiwik.. 1stel baju kerja mereka.. 1 stel bau keluar mereka.. Naah, itu baru keluarga inti looh, belum ada anak kecilnya, terus saya keringin pake pengering mesin cuci, dan njemur, kira-kira waktu yang dibutuhkan 2 jam, rasanya cuwaapeek *lap keringat.. Setelah itu saya mencoba belajar masak, yah meskipun kecil-kecilan tapi tetep berusaha, nggoreng tempe, bikin kroket, masak-masak skala kecil. hahi, yah ini kalo ada wisudanya, bisa dibilang udah bisa wisuda kecil, hehe *bangga. Masakan saya juga ga jelek-jelek banget kok, yah siapin aja minum yang banyak. hehehe.  Setelahnya, saya mandi, liat tipi bentar,  angkat jemuran dan setrika, kadang ada adek sepupu main ke rumah abis pulang sekolah, kalo ada anak kecil begini, emosi harus dijaga, kenapa why? iya, anak sekarang banyak yang iseng nggak jelas, hehhee, dan mesti siap-siap beres-beres terus. Jam 3an saya sudah siap dengan sapu dan tongkat pel.. Iya sore hari adalah jatahnya nyapu dan ngepel sampai jam 4an, Jam 4.30 kita jogging di Manahan.. yah kerjaan babu tapi tetep harus eksis dan gaul, hahaha.. Sore begini urusan dapur sudah dialihkan kepada Nyonya Besar yang lebih professor dalam masak memasak. Jangan dibandingin, saya mah masih kuprit, hehe.
Nah, saya mikir, saya yang gadis rumah tangga aja begitu capeknya, apalagi mereka yang ibu rumah tangga dengan anak kecil?? bayangin aja, anaknya rewel, kerjaan rumah menumpuk, pagi dan siang masak, belum yang ngurusin suami.. Ooooh para suami, ketahuilah, ibu rumah tangga itu berat, makanya kalian maklum dikit dan jangan neko-neko bikin pikiran para istri. (seperti mau nikah lagi atau selingkuh atau tukang marah kalo istrinya capek) *naudzubillahimindzalik. Oia, ini pekerjaan ibu rumah tangga yang tanpa mbak ART ya, kalo ada ART mah yah sama aja boong, nggak usah dibahas.
Disaat anaknya rewel, berati kan pekerjaan terbengkalai, belum yang mesti nyuci, baju kerja suaminya, seragam anaknya, kalo masi punya bayi, kan sering ganti-ganti baju, belum nyetrikanya, MasyaAllaah.. Dahsyat kan ibu rumah tangga? itu baru pekerjaan yang menyita tenaga, nah yang menyita emosi adalah, udah capek-capek, anaknya bandel, suaminya cuman bisa ngacak-ngacak rumah, ngerasa udah berkewajiban  kerja jadi di rumah nggak mau bantu-bantu, iya kalo ada ART sih nggak masalah, lah kalo single fighter dalam beberes kan yaaahh.. *nggak bisa bayangin. Dan saya jadi tahu kenapa ibu-ibu itu pada bawel.. yah karena udah capek, mereka juga bosen dirumah, hiburannya tivi doang, kalo yang intelek, bisa aja komputeran internetan, lah kalo yang nggak ngerti? Trus, yang dihadepin tiap hari panci, sapu, tongkat pel, setrikaan, cucian, beres-beres. Mana yang nggak emosi ya? mana yang nggak bawel kalo ngeliat suami sama anaknyanya ngacak-ngacak rumah. Beda sama wanita karier, yang kerja di luar, mereka bisa sesekali refreshing, cuci mata, cuci otak, share sama temen-temennya, lah kalo yang cuman di rumah?
Yang saya bete’in juga, saat pria ngeliat cewe kantoran keliat cantik dan istrinya yang sebenernya cantik, keliat biasa aja. Harap diliat ya? wanita kantoran tiap hari pake make up, cantik, rapi, wangi, bersih karena yang dihadepin barang-barang bersih. Kalo ibu rumah tangga? masak iya mereka masak di rumah beres-beres mau make make up tebel, pake blazer, pake high heels? gila ajaaa bisa makin gempor gempor itu. Keringetan ga karuan dan emosi, yang dihadepin bawang dan cucian.. Belum asep dapurnya. Dan biasanya penampilan ibu rumah tangga nggak kaya orang kantoran, yah wajarlaah, karena ibu rumah tangga waktunya habis buat ngurusin rumah, belum perkumpulan ibu-ibu kompleks, anaknya, dan suaminya.
Dan saya jadi tahu, kenapa ibu-ibu suka pake daster karena daster paling ramah pada tubuh mereka, murah dan kalo kotor yaudah kotor aja, gada sesal, hehehe.. Dan saya jadi maklum, kenapa ibu-ibu bawel. hmmm🙂
Wahai para suami, yang sabar ya? Karena sesungguhnya kalian mempunyai mutiara berharga yang menjaga kehormatan kalian dan menjaga dan merawat harta kalian, hormatilah wanita anda.🙂
Dan saya mengerti kenapa Surga ada di bawah telapak kaki ibu.:)
NB : Ini semua ditulis juga bukan gara-gara saya perempuan ya.. saya sudah mencoba merasakannya 2mingguan, yah kalo pria-pria ga percaya, silahkan anda mencoba menjadi pria rumah tangga seminggu aja.🙂

One thought on “Ibu Rumah Tangga a.k.a House Wife

Leave a Reply

